Beji, Banyumas – Sejak pukul 6 pagi hari Jama’ah Mushola Safinatunnajah  RT 01 RW 13, Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, sudah bergotong-royong menggulung karpet mushola. Hari Rabu 25 Maret 2020, jama’ah mushola ini memang sudah bersepakat untuk mengadakan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

“Penyemprotan desinfektan bisa dilakukan sendiri, tidak harus menunggu petugas dari Pemerintah Desa atau Dinas Kesehatan dan yg lainnya. Mari kita cegah penyebaran virus corona dimulai diri diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.” kata Sri Hartuti, inisiator kegiatan ini.

disinfektan beji cegah covid19

Kegiatan ini memang diinisiasi oleh jamaah secara mandiri atau swadaya. Dimulai dengan menggulung karpet yg biasanya digunakan untuk alas, mengeluarkan gebyog yg biasa digunakan untuk batas pemisah jamaah laki2 dan perempuan untuk dilap dan disemprot dengan desinfektan. Kegiatan ini bertujuan mensterilkan mushola dan lingkungan sekitar dengan penyemprotan desinfektan. 

Menurut Rosiana Rahmawati, salah satu jamaah, “Untuk membuat desinfektan sebenarnya sangat gampang dan bahannya mudah didapat dan murah. Contoh bahan desinfektan jenis karbol atau lisol  dengan nama dagang Wipol, super sol, SOS Karbol dll. Hanya butuh 30 ml karbol atau 2 Sendok makan dicampur dengan 1 liter air, untuk jenis pembersih lantai antara lain Super Pel, Soklin, SOS, dll takarannya 30 ml/ satu tutup botol dicampur dengan 1 liter air.