Beji, Banyumas – Pemerintah Desa Beji hari Jumat, 27 Maret 2020, mengadakan kegiatan “Penyemprotan Desinfektan Fasilitas Umum Desa Beji”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala Desa Beji beserta Perangkat Desa, Bidan Desa, PKK dan LINMAS.

Dimulai dari pukul 8 pagi, dengan dipandu oleh 2 orang petugas sanitarian dari Puskesmas Kedungbanteng, peserta mulai menyemprot Kantor/Balai Desa Beji. Berikutnya yang disemprot desinfektan adalah tempat ibadah, sekolah dan Poliklinik Desa. Penyemprotan desinfektan ini bertujuan untuk mensterilkan fasilitas umum (fasum) wilayah Desa Beji, dalam rangka memutus persebaran covid-19.

penyemprotan desinfektan desa beji, kedungbanteng, banyumas

“Untuk hari ini akan diadakan penyemprotan fasilitas umum di Desa Beji. Dengan kegiatan ini, semoga masyarakat Desa Beji tetap sehat dan tidak ada wabah covid-19 masuk ke Desa Beji.” sambutan Salikun, Kepala Desa Beji, sebelum memulai acara.

penyemprotan desinfektan desa beji banyumas

Lebih jauh, menurut Tegar, petugas Sanitarian Puskesmas Kedungbanteng, bahwa covid-19 adalah virus yang sangat membahayakan karena akan mengakibatkan kematian bila dibiarkan, belum ada obatnya. Sedangkan penanganannya adalah dengan memutus rantai penyebarannya dengan kita berperilaku hidup sehat, jaga jarak, dan ikuti semua anjuran dari Pemerintah.

“Virus dapat mati dengan sabun atau cairan desinfektan. Selain cuci tangan pakai sabun rumah kita juga harus steril atau bersih, cara menyeterilkannya adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan ke permukaan tembok, pintu, lantai, kaca.” pungkas Tegar.